Selasa, 02 Agustus 2011

Tugas 2 UNiX & LiNUX on the Desktop Network Operating Systems Overview

Referensi :
http://smkn3makassar.sch.id/tkj_2/tugas2.html

1,3 Unix dan Linux pada Desktop
1.3.1 Asal Unix
UNIX adalah nama sebuah kelompok sistem operasi yang melacak asal-usul mereka kembali ke 1969 di Bell Labs. Sejak awal, UNIX dirancang untuk mendukung beberapa pengguna dan multitasking. UNIX juga salah satu sistem operasi pertama untuk menyertakan dukungan untuk protokol jaringan Internet. Sejarah UNIX, yang kini membentang lebih dari 30 tahun, adalah rumit karena banyak perusahaan dan organisasi telah memberikan kontribusi untuk pengembangannya.

Selama tahun 1970-an, UNIX berkembang melalui pekerjaan pembangunan programmer di Bell Labs dan beberapa universitas, terutama University of California, di Berkeley. Ketika UNIX yang pertama mulai dipasarkan secara komersial pada 1980-an, itu digunakan untuk menjalankan server jaringan yang kuat, bukan komputer desktop.
Hari ini, ada puluhan versi yang berbeda dari UNIX, termasuk yang berikut:
• HP-UX (Hewlett Packard UNIX)
• Berkeley Software Design, Inc, (BSD UNIX, yang telah melahirkan derivatif seperti FreeBSD)
• Santa Cruz Operation (SCO) UNIX
• Sun Solaris
• AIX (IBM UNIX)

Meskipun popularitas Microsoft Windows pada LAN perusahaan, banyak dari internet berjalan pada sistem UNIX yang kuat. Meskipun UNIX biasanya berhubungan dengan perangkat keras yang mahal dan dianggap tidak ramah pengguna, perkembangan terakhir, termasuk penciptaan Linux (dijelaskan dalam bagian berikutnya), telah mengubah citra tersebut. Gambar menunjukkan beberapa dari berbagai jenis server yang digunakan untuk sistem UNIX dan Linux.

1.3.2 Asal Linux

Pada tahun 1991, seorang mahasiswa Finlandia bernama Linus Torvalds mulai bekerja pada sistem operasi untuk Intel 80386 berbasis komputer. Frustrasi dengan keadaan sistem operasi desktop seperti DOS, dan masalah biaya dan perizinan yang terkait dengan komersial UNIX, Torvalds berangkat untuk mengembangkan sebuah sistem operasi yang "UNIX-seperti" dalam operasi tetapi menggunakan kode perangkat lunak yang terbuka dan benar-benar gratis.
Meskipun tidak niat asli nya, bekerja Torvalds 'menyebabkan upaya kolaborasi seluruh dunia untuk mengembangkan Linux, open source sistem operasi yang terlihat dan terasa seperti UNIX. Pada akhir 1990-an, Linux telah menjadi alternatif untuk UNIX pada server dan Windows di desktop. Gambar menunjukkan timeline perkembangan besar yang dibuat dengan sistem operasi Linux. Popularitas Linux di PC desktop juga telah memberikan kontribusi untuk kepentingan dalam menggunakan distribusi UNIX, seperti FreeBSD dan Sun Solaris, pada desktop. Versi Linux sekarang dapat dijalankan pada hampir semua prosesor 32-bit, termasuk, Intel 80386 Motorola 68000, Alpha, dan chip PowerPC.

Seperti dengan UNIX, ada banyak versi Linux. Beberapa download gratis dari WWW, dan yang lainnya didistribusikan secara komersial. Berikut ini adalah beberapa yang paling populer:
• RedHat Linux, didistribusikan oleh RedHat Software.
• OpenLinux, didistribusikan oleh Caldera
• Corel Linux
• Slackware
• Debian GNU / Linux
• SuSE Linux

Linux adalah salah satu sistem operasi yang paling kuat dan dapat diandalkan di dunia saat ini. Karena ini, Linux telah membuat terobosan sebagai platform untuk pengguna kekuasaan dan di arena server perusahaan. Hal ini kurang sering digunakan sebagai sistem operasi desktop korporat. Meskipun antarmuka GUI yang tersedia untuk membuat user-friendly, pengguna awal paling menemukan Linux lebih sulit untuk digunakan daripada Mac OS atau Windows. Saat ini, banyak perusahaan (seperti RedHat, SuSE, Corel, dan Caldera) berusaha untuk membuat Linux sebuah sistem operasi yang layak untuk desktop.

Mendukung aplikasi harus dipertimbangkan ketika Linux diimplementasikan pada sebuah sistem desktop. Jumlah aplikasi produktivitas bisnis terbatas jika dibandingkan dengan Windows. Namun, beberapa vendor menyediakan emulasi perangkat lunak Windows (seperti WABI dan WINE) yang memungkinkan banyak aplikasi Windows untuk berjalan di Linux. Selain itu, perusahaan seperti Corel membuat versi Linux dari suite kantor mereka dan paket perangkat lunak populer.

Jaringan dengan Linux
Distribusi Linux yang baru memiliki komponen jaringan yang dibangun untuk menghubungkan ke LAN, membangun koneksi dialup ke Internet, atau jaringan remote lainnya. Bahkan, Transmission Control Protocol / Internet Protocol (TCP / IP) adalah diintegrasikan ke dalam kernel Linux bukannya diimplementasikan sebagai subsistem yang terpisah.

Beberapa keuntungan dari Linux sebagai sistem operasi desktop dan jaringan klien meliputi:
Ini adalah sebuah sistem operasi 32-bit yang benar.
Ini mendukung memori preemptive multitasking dan virtual.
Kode ini open source dan dengan demikian tersedia bagi siapa saja untuk meningkatkan dan memperbaiki.

CATATAN:
Meskipun UNIX lebih sering diimplementasikan sebagai sistem operasi server, mesin-mesin UNIX dapat berfungsi juga sebagai klien jaringan. Dalam banyak kasus, konfigurasi dan perintah untuk UNIX adalah sama seperti mereka berada di sistem Linux. Namun, karena kedua UNIX dan Linux datang dalam berbagai versi, petunjuk dalam bagian berikut mungkin tidak berlaku untuk setiap distribusi UNIX atau Linux. Umumnya, gunakan perintah man untuk mengakses manual untuk versi tertentu yang digunakan.
Dalam modul ini, UNIX dan Linux dibahas bersama karena kesamaan dangkal mereka. Dalam modul berikutnya, perbedaan antara kedua sistem operasi akan dijelaskan.

1.3.3 Linux / Unix GUI
Kedua UNIX dan Linux adalah mampu menjalankan GUI. Karena ada begitu banyak versi yang berbeda dari kedua UNIX dan Linux, ada lusinan antarmuka grafis populer dari yang untuk memilih.
Sebagai contoh, instalasi default dari Red Hat 7.x menginstal Lingkungan Desktop GNOME dan menggunakan GNOME sebagai default untuk semua GUI pengguna (lihat Gambar).
Meskipun lingkungan desktop lain, seperti K Desktop Environment (KDE) dapat dikonfigurasi dan digunakan dengan Linux (lihat Gambar), GNOME adalah cepat memperoleh penerimaan industri sebagai "standar" UNIX dan Linux GUI.

UNIX dan Linux baik bergantung pada sistem X-Windows untuk menampilkan GUI. Sistem X-Windows adalah software yang bekerja dengan perangkat keras sistem dan aplikasi grafis termasuk "Window Manager". Window Manager adalah perangkat lunak bertanggung jawab untuk ukuran, posisi, dan rendering jendela grafis yang menjalankan program masuk
Windows termasuk perbatasan yang dapat diseret untuk mengubah ukuran, dan tombol grafis yang dapat diklik untuk meminimalkan, memaksimalkan, memulihkan, dan menutup jendela. Sejak Linux mendukung puluhan manajer window, dan masing-masing window manager dapat disesuaikan, tidak ada cara satu jendela akan tampak atau bertindak. Gambar menunjukkan beberapa tombol jendela umum dan fungsi mereka.

CATATAN:
GNOME adalah singkatan dari "Lingkungan GNU Object Model Jaringan" dan diucapkan "guh-Nome". GNU adalah singkatan dari "GNU Not Unix". GNU merupakan proyek perangkat lunak yang ditujukan untuk memproduksi bebas, perangkat lunak open source untuk Linux. GNU diucapkan "guh-BARU", itulah sebabnya mengapa GNOME adalah diucapkan dengan suara "g". Meskipun demikian, dapat diterima untuk mengucapkan GNOME sebagai "Nama".
GNOME adalah bukan window manager. Bahkan, GNOME dapat bekerja dengan beberapa jenis window manager. GNOME adalah lingkungan desktop. Sebuah lingkungan desktop adalah kombinasi dari program, aplikasi, dan applet yang membentuk bagian dari GUI.

GNOME menyediakan:
Grafis panel yang dapat digunakan untuk memulai aplikasi atau menampilkan status
Sebuah desktop grafis yang dapat digunakan untuk menempatkan aplikasi, file, dan menu
Satu set standar alat-alat desktop dan aplikasi
Seperangkat konvensi yang memungkinkan aplikasi untuk bekerja sama
UNIX dan Linux yang dirancang untuk menjadi sangat fleksibel dan disesuaikan. Akibatnya, UNIX dan Linux mendukung puluhan user interface. Yang paling umum adalah antarmuka berbasis teks yang disebut kerang.
Pengguna mengetik perintah yang diinterpretasikan oleh shell, yang pada gilirannya relay instruksi pengguna untuk sistem operasi dan program lain. UNIX (dan Linux) kerang sulit untuk belajar karena mereka bergantung pada singkatan dan sintaks perintah yang kompleks. Kerang yang umum digunakan termasuk berikut:

• Bourne shell
• Korn shell
• Bash shell
• C shell
• TC shell

Distribusi dan konfigurasi dari PC yang menjalankan UNIX atau Linux akan menentukan kerang yang akan tersedia untuk pengguna. Meskipun ada puluhan GUI yang tersedia untuk UNIX dan Linux, lingkungan CLI adalah antarmuka pengguna hanya tersedia pada banyak sistem. Jika GUI UNIX atau Linux sedang digunakan, mungkin ada beberapa cara untuk mengakses shell CLI, seperti membuka jendela Terminal, atau "istilah".
Masukkan perintah UNIX, uname, pada kebanyakan sistem untuk mengetahui versi dari UNIX atau Linux komputer berjalan.
Sistem Operasi Jaringan 1,4 Ikhtisar

1.4.1 sistem jaringan umum operasi

Keterbatasan OS desktop yang awal dan meningkatnya permintaan untuk PC jaringan menyebabkan pengembangan perangkat lunak yang lebih kuat NOS. Berbeda dengan perangkat lunak PC desktop awal, Noss menyediakan built-in komponen jaringan dan layanan jaringan, kemampuan multiuser, dan keamanan file yang canggih dan teknologi file sharing.
Noss harus memiliki kernel yang kuat untuk mencegah crash dan downtime. Hal ini terutama penting bahwa kernel NOS jadwal dan mengelola beberapa proses sehingga setiap program dicegah dari menabrak bagian lain dari sistem.

Karena administrator khusus mengelola Noss, mereka tidak selalu membutuhkan sumber daya memakan interface grafis. Noss secara historis menawarkan kurang dari antarmuka user friendly, terutama bila dibandingkan dengan rekan-rekan desktop mereka. Namun, baik Windows 2000 dan Linux mendukung sepenuhnya fitur GUI dan bahkan kontrol berbasis web.
Akhirnya, NOS membutuhkan sistem file canggih yang memungkinkan untuk penyimpanan yang efisien dan keamanan maksimum. Alih-alih FAT, sebuah NOS biasanya mempekerjakan NTFS, UFS (UNIX sistem file), atau file sistem yang lain yang sama kuat.

Novell NetWare adalah NOS pertama untuk memenuhi persyaratan ini dan menikmati penyebaran luas di PC berbasis LAN kembali pada 1980-an. Sejak saat itu, perangkat lunak Novell telah kehilangan posisinya sebagai PC berbasis NOS atas.
Noss umum digunakan saat ini termasuk:
Microsoft Windows - sistem operasi jaringan yang ditawarkan oleh Windows NT 3.51, NT 4.0, 2000, XP, dan NET.. Perlu diingat bahwa NT 3.51 dan NT 4.0 sedang dihapus sebagai akibat dari Windows, unggul 2000, XP, dan. Net. Gambar dan Gambar menunjukkan Windows XP dan 2000 sistem operasi.
Novell NetWare - Novell garis dari sistem operasi, termasuk NetWare 3.12, 4.11 IntraNetWare, NetWare 5.0 dan 5.1. Gambar dan Gambar menunjukkan contoh dari sistem operasi Novell.
Linux - sistem operasi Linux termasuk Red Hat, Caldera, SuSE, Debian, dan Slackware. Gambar dan Gambar menunjukkan sistem operasi Linux dari Red Hat, dan Caldera.

UNIX - Berbagai sistem operasi UNIX yang ditawarkan, seperti HP-UX, Sun Solaris, BSD, SCO, dan AIX. Gambar menunjukkan Sun Solaris.
Meskipun fokus dari modul ini adalah di Linux dan Windows 2000, banyak pelaku yang sama dan pedoman konfigurasi dapat diterapkan untuk sistem operasi jaringan lainnya juga. Gambar adalah drag dan drop pada aktivitas NOS versi populer.

1.4.2 Perbandingan Windows dan Linux NOS
Di masa lalu, sistem operasi Windows dan Linux menawarkan pelanggan dan pengguna akhir pilihan yang jelas dan perbandingan. Misalnya, dari awal, Windows telah dipasarkan sebagai user-friendly interface, grafis (GUI), sistem operasi desktop. Dari titik itu, Windows telah pindah ke lingkungan server dan sekarang menawarkan berbagai stabil dan sistem perusahaan tingkat operasi server juga. Linux, di sisi lain, mulai keluar di sisi berlawanan dari Microsoft Windows. Seperti yang Anda telah pelajari, akar Linux dimulai dengan UNIX dan dengan desain modular membuat Linux pilihan yang sangat populer di kalangan administrator sistem untuk menjalankan server mereka. Desain modular berarti bahwa Linux mendukung pendekatan campuran-dan-pertandingan yang memungkinkan membangun sistem operasi untuk server tertentu dengan hanya memilih dan menggabungkan modul-modul yang mengimplementasikan fungsi yang diperlukan. Ini desain modul yang disediakan Linux dan UNIX dengan stabilitas dan faktor kehandalan yang disemen pertumbuhan di server, sebagai lawan desktop. Faktor lain yang akan memisahkan lingkungan Linux dari lingkungan Windows adalah kenyataan bahwa untuk waktu yang lama, Kernel Linux, kode sumber, dan sistem operasi telah didistribusikan secara bebas di komunitas open source. Hal ini berbeda jelas untuk Windows. Banding dibuat open source Linux yang populer dengan programmer juga karena mereka bebas untuk menyesuaikan Kernel Linux dan kode sumber. Ini masih terjadi dengan sebagian besar distribusi Linux saat ini, kecuali yang Red Hat Linux. Hari ini, Red Hat tidak lagi menawarkan tanda tangan "Red Hat" distribusi di pasar open source. Red Hat bukannya menawarkan solusi Red Hat dalam banyak cara yang sama seperti Microsoft Windows menawarkan sistem operasi. Red Hat Linux menawarkan versi desktop, server mid-range, dan edisi tingkat perusahaan server. Red Hat tidak menawarkan pilihan open source bernama Fedora, yang bebas didistribusikan kepada komunitas open source. Secara teknis, Fedora tidak resmi produk yang didukung Red Hat.

Baru-baru ini, perbandingan Windows dan Linux telah menjadi tidak begitu berbeda lagi. Linux telah membuat keuntungan yang kuat dalam mempromosikan itu kelangsungan hidup di pasar sebagai pesaing dan alternatif untuk Windows. Menjaga ini dalam pikiran, masih ada perbedaan yang berbeda yang secara jelas memisahkan dua. Perbedaan ini meliputi, pertama, aspek modular, yang masih merupakan komponen fundamental dari Linux, mode teks antarmuka fungsi, biaya, mendapatkan OS, kemampuan untuk menjalankan dari CD, perangkat lunak aplikasi yang tersedia dan perangkat lunak aplikasi mendapatkan, kerentanan virus, keamanan fitur, dan mendukung beberapa pengguna.

Modus teks Antarmuka
Linux menyediakan jendela terminal dalam modus GUI serta kemampuan untuk menjalankan dalam modus teks dengan GUI sama sekali. Dari antarmuka mode teks, juga dikenal sebagai baris perintah Linux, pengguna memiliki kemampuan untuk sepenuhnya mengkonfigurasi Linux dengan cara apapun mereka perlu. Hal ini sangat berguna bagi pengguna Linux sebagai konfigurasi yang paling dilakukan dengan membuka file konfigurasi dalam mode teks dan mengedit itu. Windows menawarkan antarmuka baris perintah juga, namun, baris perintah Windows tidak menyediakan fungsionalitas DOS nyata lagi. GUI Linux adalah opsional, sedangkan GUI Windows adalah sebuah komponen integral dari OS. Menjalankan OS GUI menurunkan efisiensi dan keandalan server karena beban meningkat menempatkan pada sumber daya server. Ketika membahas server dan komputer desktop, efisiensi dan kehandalan adalah hal yang terpenting. Efisiensi dan kehandalan dari server Linux semua meningkat dengan menjalankan contoh server Linux tanpa GUI.

Biaya Untuk penggunaan desktop atau rumah, Linux sangat murah atau bahkan gratis, Windows mahal. Untuk menggunakan server, Linux sangat murah dibandingkan dengan Windows. Microsoft memungkinkan satu salinan Windows untuk digunakan pada satu komputer. Dimulai dengan Windows XP, mereka menggunakan perangkat lunak untuk menegakkan aturan ini. Sebaliknya, sekali Anda telah membeli Linux, Anda dapat menjalankannya pada sejumlah komputer tanpa biaya tambahan.

Mendapatkan Sistem Operasi
Sulit untuk membeli komputer baru dengan Linux pra-instal. Para vendor PC besar hanya menjual komputer berbasis Windows untuk digunakan di rumah (mesin berbasis Linux yang mereka jual adalah server). Pada Agustus 2004 HP mengatakan akan menawarkan komputer notebook bisnis, Compaq nx5000, dengan SUSE Linux pra-instal. Sebuah model low end diharapkan untuk menjual kurang dari model sebanding menjalankan Windows XP. HP juga dijadwalkan untuk menjual PC Linux untuk konsumen di Asia pada bulan Juni 2004.

Ablity untuk Jalankan dari CD
Linux dapat dijalankan dari CD, Windows tidak dapat. Untuk menjalankan Windows, itu harus pertama-tama harus diinstal ke hard disk Anda. Biasanya ini adalah benar dari Linux juga, tetapi ada cukup beberapa versi Linux yang berjalan sepenuhnya dari CD tanpa harus diinstal ke hard disk. Ini adalah cara yang bagus bagi pengguna Windows untuk pengalaman Linux untuk pertama kalinya. Di antara distro Linux yang memiliki versi CD-hanya Knoppix, SuSE (disebut Live-Eval), FreeBSD (disebut LiveCD), Lindows dan Slackware.

Tersedia Aplikasi Software dan Memperoleh Software Aplikasi
Ada lebih aplikasi perangkat lunak tersedia untuk Windows, namun banyak perangkat lunak Linux dan aplikasi yang tersedia untuk Linux adalah gratis. Jika Anda membeli salinan Windows, Anda tidak mendapatkan perangkat lunak aplikasi dengan itu. Jika Anda membeli salinan Linux datang dengan dua atau tiga CD senilai perangkat lunak aplikasi bebas. Setiap distribusi Linux datang dalam beberapa rasa, versi yang lebih mahal datang dengan lebih aplikasi perangkat lunak.

Virus Kerentanan dan Fitur Keamanan
Dibandingkan dengan Windows, Linux bebas virus. Virus lebih banyak berjalan di Windows dari pada Linux. Secara default, pengguna harus menyediakan username dan password untuk log on ke sistem Linux. Dengan Windows, hal ini tidak terjadi. Mengharuskan pengguna untuk menggunakan username dan password adalah fitur yang harus baik dikonfigurasi saat instalasi Windows atau setelah instalasi Windows. Secara umum, non-berpengalaman pengguna Windows baik akan tidak tahu fitur ini ada atau tidak akan tahu cara mengkonfigurasinya. Ini menyajikan kerentanan keamanan utama di Windows. Linux juga menyediakan fitur keamanan skor dengan semua aplikasi server utama yang memungkinkan administrator untuk sepenuhnya mengontrol hampir setiap aspek kerentanan dan keamanan. Keamanan Windows umumnya satu dimensi, di mana mereka menyediakan sederhana "on / off" fitur keamanan yang tidak menawarkan tingkat keamanan yang ditujukan untuk bahan yang sensitif. Fitur keamanan paling untuk Windows harus dibeli melalui pihak ketiga vendor perangkat lunak, yang sangat mahal.

Mendukung Multiple User
Linux adalah sistem multi-user, Windows tidak. Windows dirancang untuk digunakan oleh satu orang pada suatu waktu. Database berjalan di bawah Windows memungkinkan akses bersamaan oleh beberapa pengguna, tetapi Sistem Operasi itu sendiri dirancang untuk berurusan dengan manusia tunggal yang pada suatu waktu. Linux dirancang untuk menangani beberapa pengguna secara bersamaan. Windows dapat menjalankan banyak program secara bersamaan, seperti yang bisa Linux. Ada versi multi-pengguna Terminal Server Windows disebut tapi ini bukan pra-instal versi Windows yang tersedia pada komputer pribadi.

1.4.3 Model client-server
Aplikasi jaringan yang paling, termasuk Internet-aplikasi yang berhubungan seperti World Wide Web (WWW) dan e-mail, dibangun di sekitar hubungan klien / server.

Sebuah program khusus yang disebut server menawarkan layanan jaringan, seperti e-mail ke program lain disebut klien. (Program Server biasanya disebut "daemon" di komunitas UNIX.) Setelah diaktifkan, program server menunggu untuk menerima permintaan dari program client. Jika permintaan yang sah diterima, server merespon dengan mengirimkan informasi yang tepat kembali ke klien. Gambar menunjukkan bagaimana interaksi ini bekerja.
Sebagai contoh, sekali sebuah program web server berjalan, menunggu permintaan klien. Sebuah web browser adalah contoh dari sebuah program klien. Web browser mengirim permintaan ke web server. Ketika browser permintaan data dari server, server merespon, dan program browser menerima balasan dari server web. Browser kemudian menampilkan HyperText Transfer Protocol (HTTP) data yang diterima dalam jendela.

Dalam teori, setiap komputer dapat bertindak sebagai server asalkan terhubung ke jaringan dan dikonfigurasi dengan perangkat lunak yang bersangkutan. Dalam prakteknya, kebanyakan organisasi menempatkan semua layanan utama jaringan mereka pada high-end komputer yang disebut server yang berjalan Noss dioptimalkan untuk melayani klien remote. Gambar menunjukkan susunan logis khas bagaimana server akan ditempatkan dalam suatu jaringan.

Sebuah server biasa menjalankan NOS dapat dikonfigurasi untuk menawarkan ratusan layanan kepada klien. Selain itu, Noss paling dapat berkomunikasi dengan berbagai macam platform klien dengan mengikuti universal dipahami seperangkat aturan atau protokol.

Internet dibangun sekitar satu set aturan yang dikenal sebagai Transmission Control Protocol / Internet Protocol (TCP / IP). Karena pentingnya Internet, sebagian besar layanan jaringan dan program client menggunakan TCP / IP untuk pertukaran data.

Namun, protokol lain, seperti Novell Internet Packet Exchange (IPX), Apple AppleTalk, dan IBM Sistem Arsitektur Jaringan (SNA), masih digunakan sampai sekarang. Noss paling dapat dikonfigurasi untuk berkomunikasi menggunakan satu atau lebih protokol ini serta TCP / IP.

Satu server menjalankan NOS dapat bekerja dengan baik ketika hanya melayani beberapa klien. Tapi sebagian besar organisasi menemukan bahwa mereka harus menggunakan beberapa server untuk mencapai kinerja yang dapat diterima. Sebuah desain khas memisahkan layanan sehingga satu atau dua server bertanggung jawab untuk e-mail, server lain bertanggung jawab untuk file sharing, dan sebagainya.

High-end server menjalankan NOS biasanya dikonfigurasi untuk menggunakan keluarga protokol Internet, TCP / IP, dan menawarkan satu atau lebih TCP / IP layanan. Server menjalankan NOS juga digunakan untuk autentikasi pengguna dan menyediakan akses ke sumber daya bersama.

1.4.4 Mengevaluasi sumber daya pelanggan dan persyaratan
Salah satu hal pertama yang harus dipertimbangkan ketika membeli atau membangun sebuah komputer baru adalah persyaratan yang diperlukan untuk memungkinkan sistem untuk secara efisien menyediakan layanan. Menentukan sumber daya pelanggan juga akan membantu memutuskan apa jenis sistem untuk membangun atau membeli untuk pelanggan.

Sebagian besar komputer yang dijual tidak dirancang untuk memiliki Linux berjalan pada mereka. Oleh karena itu, evaluasi persyaratan tertentu seperti perangkat keras dan perangkat lunak akan membantu dalam setiap langkah lain dalam mengkonfigurasi Linux untuk sistem. Persyaratan lain seperti menentukan apakah sistem akan menjadi workstation, server, atau alat khusus juga akan membantu dengan langkah-langkah selanjutnya mengkonfigurasi Linux pada sistem. Perencanaan yang cermat dari langkah ini akan membantu ketika memutuskan masalah-masalah lain seperti instalasi, konfigurasi administrasi, dan, yang akan dibahas kemudian dalam kursus ini.

Workstation
Workstation Linux, yang juga dikenal sebagai komputer desktop, adalah sebuah sistem yang biasanya komputer standalone yang terdiri dari satu monitor, keyboard, dan mouse. Paling sering workstation akan dikonfigurasi dengan koneksi jaringan juga, tapi ini bukan persyaratan untuk komputer workstation atau desktop. Gambar menunjukkan contoh dari sebuah workstation khas bahwa Linux dapat berjalan di.
Ketika mengevaluasi persyaratan yang tepat untuk workstation Linux, adalah penting untuk diingat bahwa pengguna akan memerlukan perangkat keras khusus dan perangkat lunak yang diinstal pada sistem. Misalnya, persyaratan untuk sistem low-end, dimana seseorang mungkin hanya perlu untuk tugas-tugas sederhana seperti pengolah kata, tidak akan menjadi sistem yang memiliki unit pengolahan yang sangat cepat sentral (CPU) atau dalam jumlah besar memori dan ruang hard disk . Namun, persyaratan untuk sistem high-end untuk seorang individu yang perlu melakukan tugas-tugas yang lebih kompleks, seperti mengedit video atau tugas berat simulasi ilmiah, akan jauh lebih besar. Sistem high-end pada kenyataannya akan perlu untuk memiliki prosesor yang sangat cepat serta sejumlah besar memori yang cepat dan ruang hard disk.

Persyaratan perangkat keras lain yang biasanya akan ditemukan pada workstation hardware audio seperti kartu suara, speaker, dan dalam beberapa kasus mikrofon mungkin diperlukan juga. Pada workstation pengguna juga mungkin perlu memiliki beberapa kapasitas tinggi drive removable media. Drive ini dapat berupa Zip drive, CD-R atau CD-RW burner, dan dalam beberapa kasus drive DVD-ROM juga.

Server Persyaratan untuk server akan sangat berbeda dibandingkan dengan workstation. Gambar menunjukkan contoh dari apa sebuah server Linux khas mungkin terlihat seperti. Seperti ditunjukkan dalam Gambar, server umumnya terlihat sangat berbeda dari sistem workstation. Server benar-benar tidak perlu untuk user yang berorientasi fitur seperti monitor yang besar, speaker, atau kartu suara. Di sisi lain, server akan perlu terdiri dari hal-hal seperti sangat handal dan kesalahan toleran hard disk. Untuk alasan ini server akan memiliki besar, kinerja tinggi hard disk seperti Sistem Antarmuka Komputer Kecil (SCSI) disk sebagai lawan ke Extended (EIDE) disk IDE yang akan dipasang di workstation. Hal ini karena kebanyakan server menggunakan berat hard disk mereka dan karenanya memerlukan disk yang melakukan lebih baik. Disk SCSI akan menyediakan fitur dan sangat berguna ketika pengguna memiliki disk yang terpasang pada server tunggal.

Ukuran jaringan bahwa server akan mendukung akan membantu menentukan CPU dan persyaratan memori untuk server. Misalnya, jika pengguna adalah menginstal server di lingkungan jaringan besar yang akan menangani banyak permintaan dan jasa, memiliki sistem dengan cepat CPU dan sejumlah besar random-access memory (RAM) akan menjadi suatu keharusan. Ini tidak akan menjadi kasus untuk server yang di kantor kecil dan hanya menangani permintaan dari beberapa pengguna. Dalam server Linux, memiliki jumlah besar RAM dapat menjadi lebih penting karena merupakan memiliki fitur yang secara otomatis menyimpan mengakses terakhir ke hard disk di memori. Linux maka dapat membaca langsung dari memori daripada pergi kembali ke hard disk ketika permintaan berikutnya masuk ini disebut penyangga akses disk. Oleh karena itu, server Linux dengan banyak RAM dapat mengalahkan server dengan setup yang sama dan RAM kurang.

Aspek lain untuk melihat ketika menentukan persyaratan adalah jenis sistem server ini akan menjadi. Apakah server ini akan menjadi web atau File Transfer Protocol (FTP) server, berita Usenet server, database server, atau server waktu? Semua pertanyaan ini akan perlu diatasi. Misalnya, jika server akan menangani website yang akan diakses berkali-kali dan memberikan berbagai layanan, maka pengguna akan perlu untuk merancang sebuah server yang sangat kuat. Dalam beberapa kasus, pengguna mungkin perlu untuk memiliki lebih dari satu server menyediakan Layanan Web.

Dedicated Appliances
Ini bisa sulit untuk membuat persyaratan yang disarankan untuk sistem Linux berjalan sebagai alat khusus. Sebuah alat khusus dapat menjalankan sistem Linux sebagai router, print server, atau firewall misalnya. Angka - menunjukkan contoh bagaimana sebuah server Linux dapat digunakan sebagai firewall atau server cetak. Ketika membangun sebuah sistem yang akan digunakan sebagai alat berdedikasi, pengguna seringkali dapat menggunakan hardware daur ulang yang akan dinyatakan tidak dapat digunakan. Dalam beberapa kasus, peralatan khusus mungkin memerlukan perangkat keras yang sangat khusus seperti motherboard adat atau layar sentuh perangkat input.

Pelanggan Sumber Daya
Menentukan sumber daya pelanggan adalah langkah yang sangat penting dalam mengevaluasi persyaratan yang diperlukan, serta mengidentifikasi sumber daya yang ada. Ini dapat termasuk hardware yang ada yang dapat digunakan, keterbatasan anggaran, dan memiliki keahlian yang tepat tersedia.

Linux menyediakan sarana yang sangat baik untuk menggunakan kembali hardware yang telah ada dan memperpanjang hidup sistem lama dan sebaliknya tidak dapat digunakan. Salah satu alasan untuk ini adalah fakta bahwa Linux memiliki kemampuan untuk berjalan tanpa GUI yang dapat menggunakan semua sumber daya sistem. Hal ini sangat berguna jika pengguna ingin sebuah sistem untuk bertindak sebagai firewall untuk jaringan berukuran kecil atau menengah. Untuk firewall ini, pengguna dapat menginstal Linux pada awal atau sistem Pentium 486. Sebuah sistem Linux berjalan sebagai firewall tidak akan memerlukan banyak daya CPU atau memori, serta jumlah minimum ruang disk. Jenis sistem juga dapat digunakan sebagai print server atau file server jika sejumlah kecil RAM ditambahkan. Contoh lain dimana sistem seperti ini mungkin digunakan adalah sebagai terminal dan bahkan X terminal grafis untuk komputer Linux atau UNIX lainnya.

Kendala anggaran adalah hal-hal yang akan selalu datang ke pertanyaan ketika membeli komputer baru atau hardware. Salah satu cara untuk menangani kendala-kendala adalah benar menentukan perangkat keras yang tepat yang diperlukan dan apa pengguna akan perlu untuk menyelesaikan pekerjaan. Misalnya, ruang hard disk selalu dapat ditambahkan kemudian. Ini mungkin ide yang baik untuk memulai dengan ukuran disk yang cukup keras, yang akan biaya efektif. Drive lebih keras selalu dapat ditambahkan kemudian sesuai kebutuhan. Bidang lain dimana evaluasi dan perencanaan yang cermat dapat membantu memenuhi anggaran dalam kecepatan CPU. Hari ini, top-of-the-line CPU sangat bagus tapi itu tidak berarti bahwa mereka diperlukan untuk kebutuhan pengguna. Misalnya, itu akan membuang-buang uang untuk menginstal 2,4 gigahertz (GHz) Pentium 4 prosesor pada sistem yang terutama akan digunakan untuk pengolah kata.

Faktor lain yang harus diperhatikan dalam menangani kendala anggaran adalah bahwa setelah pengguna telah terpasang komputer atau perangkat keras baru, akan ada kebutuhan bagi seseorang dengan keahlian yang tepat untuk memberikan dukungan dan pelatihan kepada individu yang menggunakan perangkat keras baru dan perangkat lunak. Sebagai contoh, jika sistem ini diintegrasikan menjadi sebuah jaringan yang ada, pengguna mungkin perlu pelatihan khusus untuk mengakses sumber daya melalui jaringan. Isu-isu lain termasuk akses ke media penyimpanan. Di Linux, mengakses floppy atau CD-ROM ini berbeda dari cara hal itu dilakukan menggunakan Windows.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar