Rabu, 03 Agustus 2011

Tugas 3

Referensi :
http://www.candra.web.id/2010/01/30/manfaat-jaringan-komputer-dan-internet/

A. Benefits of Networking
- File, print, and application services
- e-Mail services
- Directory and name services
- The Internet

Manfaat jaringan secara garis besar sebenarnya cuma ada 2 yaitu “Berbagi sumberdaya dan Sebagai Media komunikasi”. Silahkan anda liat contoh jawaban diatas, bukankah semua jawaban diatas masuk kedalam kedua kriteria tersebut? biar lebih jelas akan saya buat daftar yang lebih mudah dipahami.

Jaringan sebagai media berbagi pakai
Apa sih alasan orang berbagi pakai? alasan utama adalah karena keterbatasan sumber daya (komputer) dan Dana. Sebagai contoh dalam 1 kantor ada 10 komputer dan jika setiap pegawai di membutuhkan printer, tanpa ada jaringan, maka perusahaan membutuhkan 10 printer, dengan adanya jaringan, maka perusahaan hanya butuh 1 printer yang dibagi pake kesepuluh pegawai tersebut. Artinya perusahaan menghemat biaya sampai 90% hanya dari pengadaan printer.
jika kita daftar, berbagai sumber daya jaringan yang paling umum adalah :
1. Berbagai file dan printer (file and printer sharing)
2. Berbagi koneksi internet
3. Berbagi Hardware (Misal CD ROM) yang dishare
4. Berbagi informasi misal web/Internet/Intranet

Jaringan sebagai media komunikasi
Sebagai media komunikasi, jaringan telah menjadi salahsatu media komunikasi bagi sebagian besar Manusia . Beberapa layanan komunikasi berbasis jaringan internet adalah
1. Chating, Pesan instant, Email, Forum, milis dan Newsgrup
semua layanan tadi mempunyai satu fungsi, yaitu berkomunikasi, baik komunikasi kelompok ataupun komunikasi secara pribadi.
2. Komunikasi Multimedia
Semua komunikasi diatas selain menggunakan media text untuk berkomunikasi, sedangkan untuk komunikasi yang lebih canggih bisa mengandalkan VoIP untuk Komunikasi suara atau teleconference untuk komunikasi Audio Visual.

3. Media kolaborasi
Biasanya manfaat ini paling terasa diperusahaan, misal bagi para pekerja dalam satu tim yang bekerja tidak dalam 1 kantor. bentuk bentuk ini contohnya adalah kolaborasi online seperti membuat Wiki, Google Wave dan Collaboration Tool yang lain.
Seiring dengan perkembangan Internet, Manfaatnya pun melebar tidak hanya sebagai media berbagi dan media komunikasi tetapi sebagai media Bersosial seperti Facebook, Media bisnis (ecommerce) dan Media Hiburan (entertainment seperti Audio & Video streaming, Game online dsb)
Namun, Tetap saja bahwa manfaat jaringan komputer tetap berprinsip pada dua manfaat dasar diatas, yaitu Berbagi pakai dan media komunikasi.

B. Network administration

- Local-Area Networks (LANs)
- Wide-Area Networks (WANs)
- Peer-to-peer networks
- Client/server networks

1. LAN
Jaringan wilayah lokal (bahasa Inggris: local area network biasa disingkat LAN) adalah jaringan komputer yang jaringannya hanya mencakup wilayah kecil; seperti jaringan komputer kampus, gedung, kantor, dalam rumah, sekolah atau yang lebih kecil. Saat ini, kebanyakan LAN berbasis pada teknologi IEEE 802.3 Ethernet menggunakan perangkat switch, yang mempunyai kecepatan transfer data 10, 100, atau 1000 Mbit/s. Selain teknologi Ethernet, saat ini teknologi 802.11b (atau biasa disebut Wi-fi) juga sering digunakan untuk membentuk LAN. Tempat-tempat yang menyediakan koneksi LAN dengan teknologi Wi-fi biasa disebut hotspot.
Pada sebuah LAN, setiap node atau komputer mempunyai daya komputasi sendiri, berbeda dengan konsep dump terminal. Setiap komputer juga dapat mengakses sumber daya yang ada di LAN sesuai dengan hak akses yang telah diatur. Sumber daya tersebut dapat berupa data atau perangkat seperti printer. Pada LAN, seorang pengguna juga dapat berkomunikasi dengan pengguna yang lain dengan menggunakan aplikasi yang sesuai.
Berbeda dengan Jaringan Area Luas atau Wide Area Network (WAN), maka LAN mempunyai karakteristik sebagai berikut :
1. Mempunyai pesat data yang lebih tinggi
2. Meliputi wilayah geografi yang lebih sempit
3. Tidak membutuhkan jalur telekomunikasi yang disewa dari operator telekomunikasi
Biasanya salah satu komputer di antara jaringan komputer itu akan digunakan menjadi server yang mengatur semua sistem di dalam jaringan tersebut.

2. WAN
WAN adalah singkatan dari istilah teknologi informasi dalam bahasa Inggris: Wide Area Network merupakan jaringan komputer yang mencakup area yang besar sebagai contoh yaitu jaringan komputer antar wilayah, kota atau bahkan negara, atau dapat didefinisikan juga sebagai jaringan komputer yang membutuhkan router dan saluran komunikasi publik.
WAN digunakan untuk menghubungkan jaringan lokal yang satu dengan jaringan lokal yang lain, sehingga pengguna atau komputer di lokasi yang satu dapat berkomunikasi dengan pengguna dan komputer di lokasi yang lain.

3. Peer to Peer Networks
Peer artinya rekan sekerja. Peer-to-peer network adalah jaringan komputer yang terdiri dari beberapa komputer (biasanya tidak lebih dari 10 komputer dengan 1-2 printer). Dalam sistem jaringan ini yang diutamakan adalah penggunaan program, data dan printer secara bersama-sama. Pemakai komputer bernama Dona dapat memakai program yang dipasang di komputer Dino, dan mereka berdua dapat mencetak ke printer yang sama pada saat yang bersamaan.
Sistem jaringan ini juga dapat dipakai di rumah. Pemakai komputer yang memiliki komputer ‘kuno’, misalnya AT, dan ingin memberli komputer baru, katakanlah Pentium II, tidak perlu membuang komputer lamanya. Ia cukup memasang netword card di kedua komputernya kemudian dihubungkan dengan kabel yang khusus digunakan untuk sistem jaringan. Dibandingkan dengan ketiga cara diatas, sistem jaringan ini lebih sederhana sehingga lebih mudah dipejari dan dipakai.

4. Client Server Networks
Server adalah komputer yang menyediakan fasilitas untuk komputer lain di jaringan dan klien adalah komputer yang menerima atau menggunakan fasilitas yang disediakan oleh server. Server di client-server jaringan jenis yang disebut Server khusus untuk bertindak sebagai server murni yang menyediakan fasilitas kepada workstation dan server tidak dapat melayani sebagai workstation.

Keunggulan

1. Kecepatan akses lebih tinggi karena penyediaan fasilitas jaringan dan manajemen dilakukan secara eksklusif oleh
satu komputer (server) yang tidak dibebani dengan tugas lain sebagai workstation.
2. Sistem keamanan dan administrasi jaringan lebih baik, karena ada pengguna yang bertindak sebagai jaringan
administrator, yang mengelola administrasi dan sistem keamanan jaringan.
3. Sistem backup data lebih baik, karena pada cadangan jaringan klien-server dilakukan terpusat di server, yang akan membackup semua data yang digunakan dalam jaringan.

Kelemahan

1. Biaya operasional relatif lebih mahal.
2. Diperlukan adanya satu komputer khusus yang memungkinkan lebih untuk ditugaskan sebagai server.
3. Viabilitas jaringan sangat tergantung pada server. Jika server crash seluruh jaringan akan terganggu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar